3 Komposisi Foto Portrait Yang Sempurna

Friday, February 15th, 2013 - Portrait
Advertisement

W7P99NB68KXD – Masih ingat artikel tips fotografi tentang 5 lokasi foto portrait sempurna di tulisan sebelumnya ? Kali ini kami akan sharing tentang komposisi foto portrait yang lebih baik. Seperti yang sudah banyak membahas, bahwa fotografi itu tidak dibatasi oleh alat, untuk itu tips komposisi foto portrait ini sebagai bahan belajar fotografi Anda.

Kegiatan fotografi portrait mungkin yang paling umum dilakukan orang ketika memegang sebuah kamera digital ataupun kamera ponsel. Karena selain objek manusia sering dijumpai dan menarik untuk difoto, fotografi portrait juga tergolong sangat mudah untuk dilakukan. Nah untuk membuat foto portrait yang lebih baik, berikut kami berikan tips tentang komposisi foto portrait yang dapat Anda coba saat memotret manusia.

3 Komposisi Foto Portrait Yang Sempurna

1. Jangan Terlalu Banyak Ruang Kosong Di Atas Kepala

ADVERTISERS

Biasa disebut sebagai ‘headroom’ adalah ruang antara bagian atas kepala subjek dan bagian atas dari tepian frame. Ini mungkin sebagaian orang menjadi masalah sepele, tetapi ini penting untuk mendapatkan jarak yang tepat foto portrait.

Komposisi Headroom Foto Portrait Ruang kosong di atas kepala subjek, Image by Trey Ratcliff

Bermainlah dengan panjang lensa Anda, atau bisa mencoba dengan memposisikan maju mundur untuk mencari sudut foto yang pas.

2. Perhatikan Posisi Mata Subjek

Sebagai lanjutan dari konsep headroom, Anda juga perlu menyadari dari mana mata subjek Anda diposisikan. Mata cenderung menjadi titik fokus dari foto portait Anda, karena kebanyakan orang akan melihat foto portrait pertama kali tertuju ke mata, sehingga Anda perlu mengatur komposisi mata dengan benar.

Komposisi Mata Untuk Foto Portrait Posisi mata subyek sekitar sepertiga dari bagian atas frame. Image by Abdus Samad.

Masih ingat aturan Konsep Rule Of Third Fotografi ? nah Anda harus memposisikan mata subjek di sekitar sepertiga bagian frame foto Anda. Hal ini akan memberikan komposisi foto portrait yang seimbang dan terasa lebih alami.

Tentu saja aturan itu kalau dilanggar terkadang ada enaknya. Jadi Anda boleh bereksperimen dengan komposisi foto portrait yang berbeda. Namun, aturan komposisi mata sepertiga bekerja dengan baik dalam banyak kasus dan membuat titik awal yang bagus untuk membuat foto portrait yang menawan.

3. Mengisi Penuh Frame dengan Subjek

Anda dapat mencoba memasukan sebanyak mungkin subjek Anda ke dalam frame. Dari muka, rambut, badan dan lingkungan subjek. Atau Anda juga bisa mencoba berkonsentrasi untuk memasukan hal paling menarik dari subjek Anda.

Komposisi Foto Closeup Frame diisi penuh dengan muka subjek Image by Corrie Howell.

Seperti yang kami sampaikan di atas, jangan takut untuk mencoba sesuatu. Coba Anda crope/penggal bagian subjek Anda, misalnya bagian atas kepala. Dengan posisi seperti itu bertujuan untuk mengurangi gangguan atau fokus mata pemirsa saat melihat hasil foto portrait Anda.

Fotografer punya kebebasan untuk membuat foto yang diciptakannya. Fotografer bukan memotret, tapi menciptakan. Setiap fotografer dapat mengemas dan membingkai gambar secara berbeda untuk suatu adegan yang sama. Tips komposisi foto portrait ini mungkin tampak sederhana, tapi hal ini sering diabaikan. Tidak ada salahnya Anda terapkan saat memotret foto portret nantinya. Salam fotografi

Advertisement
3 Komposisi Foto Portrait Yang Sempurna | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net